PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : KEBUTUHAN MANUSIA TERHADAP INTERNET

Sebagai suatu media yang menghubungkan dunia, tidak heran rasanya jika kita diwajibkan untuk bisa menggunakan internet. Berbagai fungsi pun ditawarkan mulai dari media mencari informasi tentang kejadian-kejadian di berbagai belahan dunia atau hanya sekedar penghibur diri. Namun beberapa orang masih melihat internet sebagai media hiburan saja, sehingga cenderung mengabaikan fungsi lainnya. Berikut saya berikan beberapa fungsi internet, juga media yang saya gunakan untuk menjalankan fungsi tersebut.

1. Sebagai media Informasi
CNN Indonesia | Berita Terbaru, Terkini Indonesia, Dunia
Internet sebagai media informasi rasanya sudah menjadi hal umum bagi kita semua. Bisa dibilang saya pribadi mendapatkan banyak informasi dari banyak jalur, mulai dari Facebook, Instagram, maupun Twitter yang pada dasarnya berfungsi sebagai media sosial, hingga portal-portal berita resmi seperti Kompas, DetikNews, atau CNN. Namun perlu digaris bawahi bahwa tidak semua berita yang ada itu benar, apa yang perlu kita lakukan adalah mengecek keakuratan berita terlebih dahulu sebelum menekan tombol Share atau Retweet.

2. Sebagai media Komunikasi
WhatsApp - WikipediaLINE: Free Calls & Messages - Apps on Google Play

Sudah banyak sekali media komunikasi yang menggunakan internet. Rasanya sudah menjadi suatu kewajiban bagi kita untuk setidaknya mempunyai akun dari salah satu media komunikasi seperti WhatsApp, Line, atau Telegram. Media sosial seperti Facebook juga dapat menjadi sarana komunikasi dengan fitur Messenger yang sudah disematkan. Untuk komunikasi dengan sifat lebih resmi seperti rapat atau kelas daring maka bisa menggunakan aplikasi Google Meet, Zoom, atau Discord.

3. Sebagai alat Social Networking 
Image may contain: 2 people
Sudah saya singgung pada poin sebelumnya beberapa situs media sosial yang ada dan biasa saya  atau mungkin anda digunakan, Jadi pada poin ini saya sedikit menyinggung media social networking yang lain dan sering pula saya gunakan, yaitu game online. Dalam game online, khususnya dengan genre MMO (Massively Multiplayer Online) dimana individu bisa berkumpul di suatu tempat dan berkomunikasi melalui karakter mereka dalam game tersebut. Dari situlah akan muncul suatu social networking.

4. Sebagai media Hiburan
Spotify: Listen to new music, podcasts, and songs - Apps on Google ... YouTube
Untuk hiburan tentunya game online seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya menjadi pilihan utama, namun masih banyak pula hiburan yang bisa kita dapatkan di internet. Bisa melalui Youtube, atau bagi yang lebih memilih mendengarkan musik sebagai media hiburan bisa menggunakan aplikasi seperti Spotify.

5. Sebagai media Pendidikan
Bimbel Online No. 1 di Indonesia Zenius Education (@zeniuseducation) | Twitter
Sekarang ini sudah tidak asing lagi menggunakan internet sebagai media pendidikkan, khususnya kepada yang masih berstatus pelajar maupun mahasiswa seperti saya, internet menjadi sarana untuk mendapatkan bahan pembelajaran. Untuk saya sebagai seorang mahasiswa dalam menulis laporan biasanya diharuskan untuk membaca berbagai jurnal, untuk itu organisasi seperti American Psychological Association yang mempublikasikan berbagai jurnal penelitian melalui halaman situs resminya sangatlah diperlukan. Namun fungsi pendidikan tidak hanya sebatas itu, sekarang ini sudah ada situs yang menyediakan materi dan pembelajaran secara online seperti Ruang Guru dan juga Zenius. Banyak juga video dengan tema edukasi di situs Youtube.

6. Sebagai media Ekonomi
Bukalapak Hadirkan Buka Pengadaan Untuk Rambah B2G - Teknologi ... Tokopedia Putuskan Tarik Penjualan Rokok dan Tembakau di Android ...
Sudah sejak beberapa tahun lalu mulai ramai aktivitas jual beli melalui media online, rasanya internet sudah semakin luas dan fungsinya terus berkembang. Tentunya tidak asing lagi dengan situs Tokopedia, BukaLapak, atau Lazada yang berfungsi sebagai toko online. Media sosial seperti Facebook juga sudah mulai memberikan fitur  jual-beli pada aplikasinya. 

Ditulis oleh : M. Rendy Prayogi


Comments

Popular posts from this blog

PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : PENGARUH POSITIF PENGGUNAAN INTERNET

PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR