PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR


PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR

       Ilmu Alamiah Dasar (IAD) (atau dalam bahasa Inggris disebut Natural Science) merupakan suatu bidang keilmuan yang mengkaji lingkungan hidup manusia, hal ini termasuk berbagai fenomena menyertainya, serta asal usul keberadaannya. Bukan semata lingkungan sekitar kita, Ilmu Alamiah Dasar, atau bisa pula disebut Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), juga membahas fenomena-fenomena yang ada pada alam semesta ini dan mengkajinya secara ilmiah.

       Secara etimologi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) IAD terbagi menjadi tiga kata yaitu ilmu, alamiah, dan dasar. Kata “Ilmu” yang berartiengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu, kata “Alamiah” yang berarti alami, dan kata “Dasar” yang berarti pokok atau pangkal suatu pendapat (ajaran, aturan).

       Secara terminologi, IAD adalah mempermasalahkan struktur dan berlangsungnya dunia alam, dimana manusia pun dianggap sebagai bagian dari alam itu sendiri. Dan lingkungan hidup meliputi sejumlah kondisi ekstern di sekitar organisme yang ikut serta secara dekat mempengaruhi kehidupan dan perkembangan organisme yang bersangkutan. IAD bukanlah suatu ilmu tersendiri melainkan merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi (A. Harmoni, 1992). Sedangkan menurut Maskoeri Yasin mendefinisikan IAD sebagai ilmu pengetahuan yang mengkajji gejala-gejala dalam alam semesta ini, termasuk bumi yang terbentuk dengan menggunakan konsep dan prinsip ilmu dasar.






Sumber :
Harmoni, Ati. (1992). Pengantar Ilmu Alamiah Dasar (IAD). Depok : Gunadarma.
Mas’ud, H. Ibnu, & Paryano, Joko. (1998). Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Pustaka Setia.

Comments

Popular posts from this blog

PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : PENGARUH POSITIF PENGGUNAAN INTERNET

PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : KEBUTUHAN MANUSIA TERHADAP INTERNET