PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : ANALISIS JURNAL TEMA KECANDUAN BERMAIN GAME
1. ALIF SETYA
10518540
2. ANNISA
FITRIYANTI 10518932
3. CAMELIA
PUTRI PRATIWI 11518494
4. KARINA
SYAFNI 13518596
5. MUHAMMAD
RENDY PRAYOGI 14518861
6. MIFTAH ZIDANE 14516405
6. MIFTAH ZIDANE 14516405
GAME
ADDICTION
Sumber foto : thejakartapost.com |
BAB
I : Pendahuluan
ABSTRAK
JURNAL
Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menguji Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap
Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa BK Semester II Angkatan Tahun
2016 Universitas PGRI Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah Mahasiswa BK Semester II Angkatan Tahun 2016 Universitas
PGRI Yogyakarta dengan sampel sebanyak 32 Mahasiswa. Teknik analisis data dalam
penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi
menunjukkan bahwa nilai signifikansi regression adalah sebesar 0,000. Mengacu
pada kriteria hasil uji hipotesis maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05
Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena hipotesis penelitian sudah
teruji kebenarannya yaitu ada pengaruh intensitas bermain game online terhadap
perilaku prokrastinasi akademik pada Mahasiswa BK Semester II angkatan tahun
2016 Universitas PGRI Yogyakarta. Saran
yang diajukan yaitu mahasiswa diharapkan dapat mengurangi intensitas
bermain game online agar tidak berperilaku prokrastinasi akademik.
TUJUAN
Membuktikan pengaruh
dari kecanduan bermain game
BAB II : Landasan Teori
Menurut Griffiths
(Essau, 2008) video game addiction
adalah adiksi yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin yang
berlebihan, interaksi dapat bersifat pasif (televisi), maupun aktif (video
game) serta bersifat meningkatkan dan menguatkan, dimana hal tersebut
berkontribusi pada kecenderungan adiksi.
BAB III : Pembahasan
Dalam penelitian yang kami ambil sebagai referensi
memang hanya disebutkan dampak negatif yang disebabkan dari kecanduan video
game, namun kami mencoba mengulas apakah ada dampak positif dari suatu
kecanduan video game pada mahasiswa. Disini kami memberikan sebuah hipotesis
bahwa dampak positif yang bisa jadi hadir adalah bahwa mahasiswa mempunyai
tempat pelampiasan stres yang dihadapi berkaitan dengan kegiatan perkuliahan
yang sedang mereka jalan. Sedangkan dampak positif yang muncul adalah, sesuai
topik penelitian, bahwa mahasiswa melakukan sebuah prokrastinasi (sikap menunda
suatu kegiatan/tugas) akademik, sehingga munculah saran agar mahasiswa
mengurangi intensitas bermain video game/game online.
Berkaitan tentang teori yang ada, terdapat sebuah
kecocokan antara komponen kecanduan video game serta data yang didapat dalam
penelitian. Kecocokan yang dimaksud yaitu pada poin salience, dimana karena
video game sudah menjadi suatu hal yang lebih penting dari tugas maka individu
justru meningkatkan intensitas bermain game dan menunda kegiatan perkuliahan
seperti mengerjakan tugas yang diberikan.
BAB IV : Penutup
Disini kami juga merekomendasikan beberapa cara yang
dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game ini, diantaranya :
1. Alihkan perhatian pada kegiatan lain yang diminati,
seperti olahraga, membaca komik, atau menonton film.
2. Perbanyak mengobrol dengan orang terdekat, seperti
orang tua, saudara kandung, atau teman dekat.
3. Dalam topik prokrastinasi, ada baiknya saat
mengerjakan tugas lakukan di tempat yang jauh dari komputer, ataupun handphone. Hal ini efektif untuk anda
yang ingin memusatkan perhatian pada tugas anda.
Link Jurnal :
Kurniawan, Drajat Edy. (2017). Pengaruh intensitas
bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa
bimbingan dan konseling universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 97-102, diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjBlpmhg8voAhXe7HMBHXquAKwQFjAGegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umk.ac.id%2Findex.php%2Fgusjigang%2Farticle%2Fdownload%2F1120%2F1071%2520diunduh%25201%2520Mei%25202018&usg=AOvVaw2eAW2hSf_BWyHUj5gNIFBy
Comments
Post a Comment