PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : ANALISIS JURNAL TEMA KECANDUAN BERMAIN GAME


1. ALIF SETYA 10518540
2. ANNISA FITRIYANTI 10518932
3. CAMELIA PUTRI PRATIWI 11518494
4. KARINA SYAFNI 13518596
5. MUHAMMAD RENDY PRAYOGI 14518861
6. MIFTAH ZIDANE 14516405

GAME ADDICTION
WHO's labeling of gaming addiction as a disorder sparks concern in ...
Sumber foto : thejakartapost.com
BAB I : Pendahuluan
ABSTRAK JURNAL
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa BK Semester II Angkatan Tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa BK Semester II Angkatan Tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta dengan sampel sebanyak 32 Mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansi regression adalah sebesar 0,000. Mengacu pada kriteria hasil uji hipotesis maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena hipotesis penelitian sudah teruji kebenarannya yaitu ada pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada Mahasiswa BK Semester II angkatan tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta. Saran  yang diajukan yaitu mahasiswa diharapkan dapat mengurangi intensitas bermain game online agar tidak berperilaku prokrastinasi akademik.

TUJUAN
Membuktikan pengaruh dari kecanduan bermain game

BAB II : Landasan Teori
Menurut Griffiths (Essau, 2008) video game addiction adalah adiksi yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin yang berlebihan, interaksi dapat bersifat pasif (televisi), maupun aktif (video game) serta bersifat meningkatkan dan menguatkan, dimana hal tersebut berkontribusi pada kecenderungan adiksi. 

BAB III : Pembahasan
Dalam penelitian yang kami ambil sebagai referensi memang hanya disebutkan dampak negatif yang disebabkan dari kecanduan video game, namun kami mencoba mengulas apakah ada dampak positif dari suatu kecanduan video game pada mahasiswa. Disini kami memberikan sebuah hipotesis bahwa dampak positif yang bisa jadi hadir adalah bahwa mahasiswa mempunyai tempat pelampiasan stres yang dihadapi berkaitan dengan kegiatan perkuliahan yang sedang mereka jalan. Sedangkan dampak positif yang muncul adalah, sesuai topik penelitian, bahwa mahasiswa melakukan sebuah prokrastinasi (sikap menunda suatu kegiatan/tugas) akademik, sehingga munculah saran agar mahasiswa mengurangi intensitas bermain video game/game online.

Berkaitan tentang teori yang ada, terdapat sebuah kecocokan antara komponen kecanduan video game serta data yang didapat dalam penelitian. Kecocokan yang dimaksud yaitu pada poin salience, dimana karena video game sudah menjadi suatu hal yang lebih penting dari tugas maka individu justru meningkatkan intensitas bermain game dan menunda kegiatan perkuliahan seperti mengerjakan tugas yang diberikan.

BAB IV : Penutup
Disini kami juga merekomendasikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game ini, diantaranya :

1. Alihkan perhatian pada kegiatan lain yang diminati, seperti olahraga, membaca komik, atau menonton film.

2. Perbanyak mengobrol dengan orang terdekat, seperti orang tua, saudara kandung, atau teman dekat. 

3. Dalam topik prokrastinasi, ada baiknya saat mengerjakan tugas lakukan di tempat yang jauh dari komputer, ataupun handphone. Hal ini efektif untuk anda yang ingin memusatkan perhatian pada tugas anda.


Link Jurnal :
Kurniawan, Drajat Edy. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 97-102, diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjBlpmhg8voAhXe7HMBHXquAKwQFjAGegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umk.ac.id%2Findex.php%2Fgusjigang%2Farticle%2Fdownload%2F1120%2F1071%2520diunduh%25201%2520Mei%25202018&usg=AOvVaw2eAW2hSf_BWyHUj5gNIFBy

Comments

Popular posts from this blog

PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : PENGARUH POSITIF PENGGUNAAN INTERNET

PENGERTIAN ILMU ALAMIAH DASAR

PSIKOLOGI & TEKNOLOGI INTERNET : KEBUTUHAN MANUSIA TERHADAP INTERNET